Team Resmob Polres Bitung Kembali Ungkap Curanmor

BPBNNews.id, ( Kota.Bitung – Sulut ) – Polres Kota Bitung terus lakukan suasana aman dan kondusif di wilayah hukumnya. Terlihat team Resmob yang berhasil mengungkap kasus Tindak Pidana Curanmor, Senin ( 19/4/2021 ).

Bertempat di Mapolres Bitung team Resmob di pimpin Kapolres Bitung AKBP Indra Pramana H. S.I.K melalui Kasat Reskrim AKP Frelly Sumampouw SE yang memrintahkan Katim Aipda Denhart Papente, berhasil mengungkap dan menangkap tersangka Tindak Pindana Curanmor.

Berawal dari Laporan Polisi Nomor : LP/160/ III /2021/SULUT/RES-BITUNG ( 2/3/2021 ), dengan kronologis, Pada hari Selasa ( 2/3/2021 ) sekitar jam 02.00 wita anak korban / pelapor saat pulang ke rumah, saat dijalan Kel. Danowudu kec. Ranowulu kota Bitung, tepatnya di depan bak air, sepeda motornya kehabisan BBM, lalu diparkirnya sepeda motor tsbt semntara, selanjutnya anak pelapor jalan kaki menuju ke rumah, untuk mengambil uang guna membeli BBM, saat kembali, anak pelapor melihat sepeda motor yg diparkirnya itu sudah tidak ada atau sudah hilang.

Dari hasil penyelidikan yg dilakukan oleh Tim, akirnya pada hari Sabtu 17 April 2021, Tim mendapat info pelaku tindak pidana curanmor tsb,  dan langsung dilakukan penangkapan terhadap dua orang lelaki yg bernama ALFAJRAN DAWALI ALIAS AJAN, dan SAPUTRA RAHUL LAHINDA ALIAS AUL, setelah itu kedua lelaki tersebut diintragsi dan menjelaskan sbb :

Bahwa pada hari Selasa 2 Maret 2021, sekitar jam 02.00 wita, mereka berdua dari desa Rondor akan pulang ke Bitung berboncengan, saat melewati jalan Kel. Danowudu Kec. Ranowulu kota Bitung, tepatnya di depan bak air PDAM, mereka melihat ada satu unit sepeda motor yamah Jupiter MX diparkir tanpa ada pemiliknya, lalu mereka berhenti, sambil melihat situasi kiri kanan, karena sepi, keduanya langsung mengambil sepeda motor itu, dengan cara mendorongnya menggunakan sepeda motor yg dipakai keduanya saat itu.

Dimana yang naik atau yang membawa motor Babuk yakni lk ALFAJRAN DAWALI ALIAS AJAN, sedangkan yg mendorong sepeda motor Babuk dari belakang lk SAPUTRA RAHUL LAHINDA ALIAS AUL, dan selanjutnya sepeda motor babuk tsbt dibawah dan simpan di rumah SAPUTRA RAHUL LAHINDA ALIAS AUL selama dua hari, dan plat nomor speda motor itu langsung dicabut, dan di buang, kemudian speda motor babuk itu diambil oleh ALFAJRAN DAWALI ALIAS AJAN untuk disimpan dan dipakai untuk kepentingan pribadi masing masing.

Pada hari Sabtu 9 Aprril 2021 sepeda motor Yamaha Jupiter MX warna merah silver tanpa Nopol langsung dijual lewat online oleh lk ALFAJRAN DAWALI ALIAS AJAN, dengan menggunakan akun milik RIZKY HARTABU almt Kel.anembo nembo Kec. Matuari kota Bitung ( sdh diamankan ), dan sepeda motor itu dibeli oleh lk ONKI ALEXANDER KUSOY almt Desa Makalisung Kab. Minut ( sdh di amankan ).

Adapun harga sepeda motor tsbt dibeli oleh ONKI ALEXANDER KUSOY Rp. 2.000.000 langsung di bayar cash ke lk ALFAJRAN DAWALI ALIAS AJAN.
Dan transaksinya dilakukan di desa Makalisung Kab. Minut.
Dan uang hasil penjualan sepeda motor itu habis digunakan Hura Hura oleh kedua pelaku.

Saat dilakukan penangkapan kedua pelaku tidak melakukan perlawanan. Dan keduanya sebelumnya belum pernah terlibat TP. Terhadap keduanya dikenakan pasal 363 ayat 1 KUHP Jo pasal 55 ayat 1 KUHP, sekaligus diamankan barang bukti berupa Satu unit sepeda motor Jupiter MX merah silver. ( Umar/01 ).

Editor : Imam