Team Resmob Polres Bitung Amankan Belasan Pelaku Tawuran Resahkan Warga

 

BPBNNews.id, ( Kota. Bitung ) – Polres Kota Bitung terus lakukan pengamanan agar susana aman dan nyaman bagi masyarakat tercipta, terlihat dari penangkapan pelaku tawuran yang meresahkan warga, Selasa ( 30/3/2021 ).

Bertempat di Mapolres Kota Bitung yang di pimpin Kapolres Bitung AKBP Indra Pramana H. S.I.K, melalui  Kasat Reskrim AKP Frelly Sumampouw memrintahkan team Resmob Polres Bitung untuk lakukan penangkapan kepada pelaku tawuran yang meresahkan warga.

Dengan sigap team Resmob Polres Bitung yang di pimpin Kanit Aipda Denhar Papente yang selalu di pangil Bang Jack mengungkapan dan lakukan penangkapan terhadap pelaku pembuat senjata tajam jenis panah water di sekitar Komplek Nabati Kecamatan Maesa Kota Bitung.

Pada hari Sabtu 27 Maret 2021 malam hari telah terjadi tawuran di sekitar Nabati Kecamatan Maesa ada beberapa orang melapor ke Polisi karena dampak dari tawuran antara lain beberapa kendaraan di lempar.

Dalam penyilidikan polisi ternyata beredar Vidio tentang beberapa anak muda sambil dengar music mereka membuat panah wayer selanjutnya Kapolres Bitung AKBP Indra Pramana H. S.I.K team Intel dan Resmob melakukan pelacakan dan memburu pelaku pada hari Minggu tanggal 28 Maret 2021 sekitar jam 23: 00 WITA .

“Team Resmob polres Bitung melakukan pengembangan dari kasus pembuatan sajam jenis panah wayer dan informasi bahwa lelaki Jamal sering membawa senjata tajam jenis badik dan panah wayer setelah itu team Resmob polres Bitung Menangkap lelaki Jamal dan dari pengakuan lelaki Jamal bahwa sajam badik dan panah wayer di simpan di rumahnya dan kemudian team Resmob Polres Bitung langsung menuju rumah tersangka dan menggeledah rumahnya dan team Resmob polres Bitung berhasil menemukan sajam jenis panah wayer yang di sembunyikan di atas lemari yang di tutupi dengan kain kemudian barang bukti tersebut kami sita guna proses lebih lanjut.” Ujar Bang Jack

Team Resmob melakukan penangkapan terhadap tersangka yang viral di medsos yang mengunggah kegiatan pembuatan sajam jenis panah wayer.

Menurut informasi dari  Leonardo mendatangi  Faiz yang berada  di Parigi Tofor Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa Kota Bitung dengan maksud memberitahukan bahwa kompleks nya sering di serang oleh kampung sebelah, dan dia meminta untuk di bantu memberikan busur anak panah wayer biar bisa nanti di gunakan untuk berjaga jaga apabila ada serangan dari komleks sebelah kampung.

Setelah itu  Faiz memberikan busur anak panah wayer yang di simpan dalam kardus jumlah nya sekitar kurang lebih 15 buah dan setelah itu  Leonardo mendapat kan busur anak panah wayer kemudian lelaki tersebut memberikannya kepada  Raldisto.

Kemudian Raldisto mendapat kan busur anak panah wayer dia memanggil teman temannya untuk membantunya membuatkan pelontar panah wayer kemudian mendatangi rumah saudara Asar guna untuk membuat sajam pelontar jenis panah wayer adapun peran masing masing pelaku.

Raldy menyiapakan busur anak panah dari besi trali sepeda motor yang di ambil dari lelaki Leonardo dan peran lain dari  Mevdison Jamal Doddy Viki Mecris mengikat tali gagang pelontar panah wayer dan lelaki Fabio dan Stevanus mencari bahan baku kayu untuk membuat pelontar panah wayer di belakang rumah saudara Asar tempat mereka membuat sajam jenis panah wayer tersebut.

Setelah mereka berhasil membuat panah wayer bisa di taksir jumlah pelontar yang jadi sebanyak 13 buah dan ratusan busur anak panah wayer kemudian mereka menyimpan semuanya di dalam kardus supermie dan di bawa menuju rumah  Raldisto dengan maksud akan di simpan di sana.

Setelah dilakukan pengembangan diamankan 11 orang pelaku oleh Team Resmob guna pengembangan lebih lanjut. Adapun identitas para pelaku adalah :

1.  Jamal alias JT (23 Thn) warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa, 2. Mevdison Alias MF (20 th) warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa, 3. Fabio alias FB (25th) warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa,  4. SB (17 th ) Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa, 5.Raldisto alias RB ( 24th ) warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa.

6. Mecri alias MN (22 th) warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa, 7.AM (17th ) warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa, 8. DB (16th ) pelajar, warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa, 9. Viki alias Vs (16th )  pelajar, warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa, 10. LP alias Leo (22th )warga Nabati Kelurahan Bitung Barat Dua Kecamatan Maesa 11. FR alias Fais (25th ) warga Parigi Tofor Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa.

“Adapun barang bukti tersebut sudah berselang sebulan dari tanggal 21 February tahun 2021 pada saat pembuatan sampai sekarang bulan Maret tanggal 28 tahun 2021 ada kemungkinan sudah di gunakan pelaku atau sudah di bagi bagi oleh para pelaku.” Ujar Kasat Reskrim Frelly.

Adapun barang bukti yang di amankan Barang bukti yang di amankan 8 ( delapan ) buah Busur panah wayer, 1.( Satu ) buah pelontar, 1.( Satu ) buah sajam penusuk jenis badik.

Pelaku sangat koperatif dan tidak melakukan perlawanan.Upaya yang di lakukan Team Resmob polres Bitung melakukan penangkapan terhadap pelaku. ( Umar/01 )

Editor : Imam