Tim Inafis Berhasil Ungkap Pembakaran Kantor Kelurahan di Kota Bitung

BPBNNews.id,  ( Kota. Bitung – Sulut ) – Sungguh perbuatan yang tidak bisa di tolerir, merusak instansi negara terlebih fasilitas untuk masyrakat, terjadi di wilayah Kota Bitung.

Dengan sigap Polres Bitung yang dipimpin  AKBP F.X Winardi Prabowo S.I.K, melalui Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Frelly Sumampouw SE mengungkap pelaku pembakaran, Senin ( 25/1/2021 ).

Tepatnya di Kelurahan Paceda TKP Lk.IV Kecamatan Madidir Kota Bitung, sekira pukul 03.00 WITA.

Memerintahkan tim INAFIS untuk mengungkap peristiwa pembakaran itu. Dengan sigap dan cepat team INAFIS dari kepolisian berhasil ungkap pelaku pembakaran kantor kelurahan tersebut.

Pelaku berinisial YS ( 17 th ) laki – laki, seorang pelajar mengakui perbuatannya. Hasil dari interogasi team INAFIS saat itu pelaku dalam pengaruh minuman keras, dan sakit hati karena beberapa hari lalu Bhabinkamtibmas,Babinsa dan Kepala Lingkungan.

Pada tanggal 7 Januari 2021 (dua minggu lalu) melakukan pembinaan terhadap pelaku dan beberapa kawannya, karena saat itu kumpul kumpul di dalam kantor Lurah sambil pesta miras dan berbuat mesum beralaskan kertas, sehingga dilakukan pembinaan di Kantor Lurah Paceda dengan dibuatkan Surat Pernyataan.

Menurut pengakuan pelaku pembakaran, pelaku masuk ruang /TKP melalui pintu belakang kantor lurah dan menggunakan korek api beberapa ujung taplak dan kertas di bakar ,selanjutnya pelaku keluar .

Perbuatan pelaku membuat kerugian sebagai berikut; Ruang administrasi dalam keadaan terbakar, barang-barang berupa 1 buah Komputer, 1 buah alat printer , 2 buah dispenser , 1 buah kipas angin dan Buku-buku Registrasi tentang kependudukan, dan 1 buah daun pintu terbakar.

Setelah Tim Inafis melakukan olah TKP lebih lanjut menemukan sebuah korek api(macis gas) berwarna kuning dilantai ruang administrasi sebagai barang bukti, dan pelaku membenarkan telah menggunakan korek api (macis gas) tersebut u/ membakar kantor lurah.

Korek api tersebut telah diamankan oleh Tim Inafis Polres Bitung, dan membawa barang barang bukti berupa Komputer/CPU, dan berkas-berkas yg terbakar.

Pasal yang dikenakan pelaku pembakaran adalah Pasal 187 . Sebagai penyelidikan lebih lanjut pelaku diamankan di Polres Kota Bitung dan bersiap menerima hukuman dari perbuatannya. ( Syarif/01 ).

Editor : Imam