Brigjen Pol. Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum Jabat Wakapolda Kaltim

BPBNNews.id, ( Kota. Balikpapan – Kaltim ) – Polda Kalimantan Timur memiliki Wakapolda baru. Amanah ini tentunya sesuai dengan prestasi yang telah dicapai oleh salah satu Perwira Tinggi Polri, Sabtu ( 9/1/2021 ).

Brigjen Pol. Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum., merupakan salah satu perwira tinggi Polri yang memulai karirnya di bidang Brimob. Saat ini, pria kelahiran Cimahi, 11 Juli 1964 tersebut mengemban amanah sebagai Wakapolda Kaltim.

Ini merupakan kali kesekian perwira yang dikenal dengan julukan “Polisi Satwa” ini bertugas di Kaltim. Sebelumnya, alumni Akabri 1988 ini pernah menjabat sebagai Kapolsek Sungai Nyamuk Polres Nunukan, Ka KPPP Polres Tarakan, dan Kapolres Tarakan, sebelum kedua wilayah tersebut tergabung ke dalam Polda Kalimantan Utara.

Pengalaman panjangnya di Satuan Brimob membuatnya gemar melatih anjing polisi atau K9. Dari sinilah rasa penyayangnya tumbuh.

Rasa penyayangnya kepada hewan tumbuh seiring dengan rasa humanisnya. Dirinya aktif pada sejumlah kegiatan kemasyarakatan. Bahkan ia melakukannya dengan melibatkan hewan-hewan peliharaannya. Brigjen Pol. Hariyanto pernah menyalurkan bantuan ke wilayah pelosok dengan berkuda.

Kecintaannya kepada hewan membuatnya didapuk menjadi Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, sebelum ia resmi menjabat sebagai Wakapolda Kaltim.

Brigjen Pol. Hariyanto juga merupakan perwira yang berprestasi. Unit K9 Narkoba Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri yang ia pimpin pernah mengungkap kasus penyelundupan 195 kg lebih sabu.

Selain itu, semasa menjabat sebagai Karoops Polda Jateng, pemilik empat tanda kehormatan Kepolisian ini pernah dianugerahi penghargaan dari Kapolri pada 2017 lalu.

Kini, berbekal rekam jejak baik dan reputasinya di internal Polri, Brigjen Pol. Hariyanto dihadapkan pada satu tantangan baru: mempertahankan Kaltim sebagai wilayah yang aman, damai dan kondusif, dengan kesiapsiagaan dan pelayanan prima Polda Kaltim sebagai Wakapolda Kaltim yang baru. Keluarga besar Polda Kaltim mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas. ( Humas Polda Kaltim/01 ).

Editor : Imam