Antisipasi Perayaan Pergantian Tahun, Forkopimda Kota Bitung Gelar Pasukan

BPBNNews.id, ( Kota. Bitung – Sulut ) – Menjaga kondusif dan rasa aman jelang perayaan tahun baru, terlebih dalam suasana pandemi pemerintah Kota Bitung gelar apel pasukan, Kamis ( 31/12/2020 ).

Bertempat di Ruas Jalan Raya tepatnya di depan Kantor Walikota Bitung di pimpin langsung Walikota Bitung Maximilian J. Lomban, SE, M.Si, apel pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Tahun Baru 2021 di Kota Bitung.

Yang menjadi pemimpin apel Walikota Bitung Maximilian J. Lomban, SE, M.Si dan komandan Upacara Kasat Sabhara Polres Bitung AKP Stanley Rambing, SE.

Turut hadir dalam apel pasukan tersebut Kapolres Bitung AKBP F.X Winardi Prabowo S.I.K, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf. Benny Lesama SE. M.Han, mewakili Danyonmarhanlan VIII Bitung Letda Mar. Muh. Subhan, Sekertaris Daerah Kota Bitung Dr. Audy Pangemanan, Waka Polres Bitung Kompol Prevly Tampanguma SH, Dit Polair AKP Nyoman W.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bitung Richi Tinangon, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Janet Watuna, BPBD Kota Bitung Rudi Wongkar, Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Bitung.

Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan pergantian tahun baru 2021 mengerahkan beberapa unsur, yakni :

1 Peleton Kodim 1310 Bitung, 1 Peleton Yonmarhanlan VIII Bitung, 1 Peleton Dit Polair Polda Sulut, 1 Peleton Perwira Polres Bitung, 2 Peleton Sabhara jajaran Polsek, 1 Peleton Polwan Polres Bitung.

1 Peleton Satuan Reskrim Polres Bitung, 1 Peleton Satuan Intelkam Polres Bitung, 1 Peleton Sat Pol PP Pemkot Bitung, 1 Peleton BPBD Pemkot Bitung, 1 Peleton Dinas Perhubungan Pemkot Bitung, 1 Peleton Senkom Bitung.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan Pemimpin apel menyampaikan beberapa hal diantaranya :

  • Upaya Kapolres bersama seluruh jajaran forkopimda dan seluruh stakeholder yang terkait dari berbagai unsur kepolisian dan Dinas perhubungan, BPBD, semua stakeholder yang terkait yang selalu siap siaga menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas untuk mewujudkan keamanan ketertiban ketentraman masyarakat di kota Bitung.
  • Pertama masa perayaan natal dan tahun baru kali ini kita semua menyadari bahwa tugas pengamanan tahunan lebih berat jika dibanding dengan tahun-tahun terdahulu karena dilaksanakan di tengah pandemi covid-19.
  • Sasaran operasi bukan hanya kriminalitas tetapi juga bagaimana memastikan masyarakat supaya mereka terlindungi tetapi juga mematuhi protokol kesehatan guna mencegah semakin meluasnya penyebaran covid 19.
  • Penting kita juga tetap waspada terhadap potensi-potensi kejahatan lainnya termasuk terorisme dan perdagangan narkoba.
  • Kita tidak ingin momen perayaan tahun baru menjadi klaster terbaru penyebaran covid-19.
  • Pemerintah telah mengeluarkan surat edaran terkait perayaan tahun baru dan pembatasan orang masuk sebagai tindak lanjut dari hasil bersama.
  • Antisipasi peningkatan penyebaran covid-19 di Kota Bitung terutama pada masa liburan Natal dan tahun baru untuk mengurangi aktivitas di luar rumah terutama pada tanggal 31 Desember Hari ini sampai dengan tanggal 3 Januari 2021 kecuali untuk beribadah yang sudah juga diatur bagaimana protokol dalam rangka beribadah dengan menerapkan kesehatan dan ibadah tahun baru.

Selesai dilaksanakan apel gelar pasukan dilanjutkan show of force di jalan raya Kota Bitung. Seluruh rangkaian kegiatan apel gelar pasukan berakhir pada pukul 16.15 WITA dengan aman dan kondusif. (, Syarif /01 ).

Editor : Imam