Rumah Kost Terbakar Ditaksir Kerugian Hingga 300 juta

BPBNNews.id, ( Kota. Bitung – Sulut ) – Musibah bisa terjadi kapan saja, dialami sejumlah warga di wilayah Kota Bitung provinsi Sulawesi Utara, Minggu ( 22/11/2020 ).

Tepatnya di tempat usaha rumah kost milik dari keluarga Kondoi – Mangiber di  Aertembaga satu ling II Rt.09 KelurahanAertembaga, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut keterangan pemilik kost Arter Kondoi ( 47 thn) , Tondano 14-4-1974, Kristen, Kelurahan Aertembaga atu Ling II Rt 09 Kecamatan  Aertembaga menjelaskan bahwa dirinya tidak melihat secara langsung kejadian kebakaran tersebut.

Karena pada saat kejadian pemilik tempat kost sedang tidur dan nanti mengetahui kejadian kebakaran tersebut setelah mendengar suara orang yang sudah ribut diluar sambil berteriak kebakaran dan pemilik tempat kost tersebut langsung membangunkan istri dan anak anaknya dan keluar dari rumah setelah sampai diluar rmh pemilik tempat kost melihat api yang sedang membesar membakar tempat kost.

Menurut keterangan saksi lain Sulce Sumilat (48 thn), Dumoga-uuwan 28-1973, Irt, Islam, Alamat sementara tempat Kost Kelurahan Aertembaga satu Ling II Rt 09 Kec Aertembaga Kota Bitung dan Alamat tetap Desa Uuwan Kec Domuga Barat Kab Bolaang Mongondouw, menjelaskan bahwa saksi terbangun karna ingin buang air kecil kemudian saksi hendak ingin kembali tidur namun sempat mencium aroma yang terbakar dan kemudian saksi membuka pintu kamar kost ingin melihat atau memastikan keadaan disekeliling kamar Kost dan saksi terkejut melihat sumber api dari sebelah kamar kost yang saksi tempati.

Saksi juga menjelaskan bahwa sumber api berawal dari kamar kost yang ditempati oleh pasangan suami istri yang keseharian mereka panggil tante Femi dan om Jimmy.

Saksi menjelaskan bahwa pada saat kejadian kebakaran penghuni kamar kost pasangan suami istri tanta Fem dan om Jimmi tidak berada ditempat karna suami Tanta Femmi pergi melaut sedangkan tante Femmi sendiri pulang kampung sejak tgl 09 November 2020.

Setelah saksi melihat nyala api yg mulai menyala dan membesar disamping kamar kost saksi kemudian saksi berteriak sambil memberitahukan kepada semua penghuni kamar kost tersebut bahwa telah terjadi kebakaran sehingga membuat penghuni kamar kost berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Sekitar jam 02.59 wita Tim Damkar pemerintah kota Bitung mendapat tlp dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran rumah kost diKel Aertembaga satu Ling II Rt 09 Kec Aertembaga Kota Bitung dan langsung mengarahkan 4 Unit mobil damkar utk memadamkan api.

Sekitar jam 03.10 wita mobil damkar dari Pemerintah Kota Bitung tiba dilokasi dan langsung melakukan pemadaman api dan sekitar jam 05.28 wita api berhasil dipadamkan oleh personil Damkar pemerintah Kota Bitung.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian material yang dialami oleh pemilik tempat kost akibat kebakaran tersebut diperkirakan sebesar Rp 300.000.000 juta.

Dugaan awal penyebab kebakaran tempat kost tersebut menurut saksi dan pemilik dari tempat usaha rumah kost tersebut akibat arus pendek/kosleting dari kamar yg ditinggal pergi oleh penghuninya yaitu pasangan suami istri tanta Femmi dan om Jimmi. ( Syarif/01 ).

Editor : Imam