Tingkatkan Sabar dan Syukur Pondok Pesantren Al Furqon Gelar Program Tadabur Al Quran Selama 40 hari

BPBNNews.id, ( Kab. Bandung – Jabar ) – Patut di apresiasi yang dilaksanakan Pondok Pesantren Al Furqon di tengah suasana pandemi Covid-19 terlebih dalam Adaftasi Kehidupan Baru, Minggu ( 20/9/2020 ).

Bertempat di kp. Cikondang Kecamatan Cijapati Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat di pimpin Pimpinan Pondok Pesantren Al Furqon Ustad Hamzah gelar program Tadabur Alquran selama 40 hari.

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut Ustad pembimbing Ustad Ajang, Ustad Deni, wali santri dan peserta program Tadabur Al Quran.

Dalam kesempatan tersebut Pimpinan Pondok Pesantren Al Furqon Ustad Hamzah mengatakan ” program Tadabur Alquran Insya Alloh kami laksanakan selama 40 hari, dimana hari ini sudah hari ke 30. Hari ini kami berkunjung ke Pondok di Cijapati agar santri peserta  lebih menghargai alam.

Bertujuan sebenarnya adalah menanamkan istiqomah dalam beribadah, yang utamanya adalah mengingatkan kembali rasa syukur dan sabar.

Terlebih dalam suasana sekarang ini, dalam keadaan yang adaftasi Kehidupan Baru, tentunya kita harus ikuti program pemerintah.” Ucap Pimpinan Pondok Pesantren AlFurqon.

Rutinitas dalam program tersebut adalah mengharuskan dan membiasakan peserta santri selalu sholat berjamaah tanpa ketinggalan Takbiratul Ihram, mengaji Al Quran bada Subuh dan bada Magrib, selalu sholat Tahajud setiap malamnya.

” Sebagaimana telah ada dalam Al Quran bahwa memohon di kala waktu pagi dan senja, dirikan sholat, laksanakan sholat di sepertiga malam, bersyukur atas nikmat yang telah kita dapat, hal ini adalah menjadi utama dalam kegiatan tadabur Al Quran selama 40 hari.

Dengan harapan setelah selesai nanti bisa istiqomah dan menerapkan di keluarga dan wilayahnya masing masing.” Tambahnya.

Dalam kesempatan itu tim media melihat di Pondok Pesantren Al Furqon yang berlokasi di kp. Cikondang Kecamatan Cijapati seluas sekurangnya 6 ha merupakan cabang dari Pondok Pesantren Al Furqon di Cimenyan Padasuka Bandung, ada kegiatan belajar mengaji untuk anak usia dini.

” Ya Alhamdulilah dari masyarakat sekitar yang putra putrinya sedang dikurangi kegiatan pendidikan di sekolah karena pandemi covid-19 ini. Kami mengajarkan bagaimana sholat dan menghormati sesama dan orang tua, dan menghargai alam.” Tutur Ustad pembimbing.

Hal senada di lontarkan perwakilan wali peserta berasal dari Jakarta ” kegiatan ini positif, menumbuhkan rasa istiqomah dalam beribadah, mengingatkan kembali rasa syukur dan sabar atas nikmat yang telah Alloh berikan. Semoga ini menjadikan putra putri kami nanti pulang bisa menjalankan di rumah.” Ucap wali peserta.

Peserta program tadabur Al Quran selama 40 hari ini berasal dari luar daerah, seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Bandung, Ternate, Pangandaran dan daerah lainnya.

” Ke depan Insya Alloh kami akan adakan kembali untuk gelombang kedua, dengan harapan menanamkan istiqomah dalam beribadah, meningkatkan rasa sabar dan syukur terutama dalam situasi sekarang, hanya kepada Alloh kita serahkan.” Pungkas Ustad Hamzah. ( Ramdan/02 ).

Editor : Imam