Tri Suswati Tito Karnavian Kampanye Gerakan Pakai Masker di Sulawesi Utara

BPBNNews.id, ( Kota. Manado – Sulut ) – Keseriusan pemerintah dalam sosialisasi Adaptasi Kehidupan Baru, terlihat dalam kunjungan petinggi PKK Tri Suswati Tito Karnavian ke Provinsi Sulawesi Utara dalam gerakan pakai masker, Jum’at ( 14/8/2020 ).

Bertempat di loby kantor Provinsi Sulawesi Utara rombongan PKK Tri Suswati Tito Karnavian diterima Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dalam mensosialisasikan gerakan menggunakan masker.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Olly Dondokambey, Sekdaprov Edwin Silangen, Wakil Ketua TP-PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Ketua DWP Sulut Ivonne Silangen-Lombok dan para kader PKK Sulut.

“Mungkin banyak yang masih mengira Covid-19 tak akan kena ke kita. Mungkin ini penyakit hanya bisa menular ke masyarakat biasa-biasa saja bukan kalangan terpelajar atau bekerja di level tinggi.

Namun kita sadar penyakit tidak pilih-pilih siapa saja akan tertular. Virus ini tak mengenal pangkat, umur, jabatan, jenis, kelamin, usia. Yang dia kenal orang tak pakai masker karena penularannya melalui saluran pernapasan luar masuk dari hidung dan mulut. Otomatis yang tak pakai masker kena,” tutur Tri Suswati Tito Karnavian dalam arahannya saat Gebrak Masker PKK Provinsi Sulut.

Melihat masih ada yang kurang respons baik terkait kegunaan Covid-19, Presiden Joko Widodo memberikan tugas kepada para kader PKK untuk mengkampanyekan
Gerakan Bersama Pakai Masker di seluruh daerah di Indonesia.

Gebrak Masker ini diawali dari Provinsi Sulut. “Kampanye pakai masker, rutin cuci tangan dan jagak jarak ini sangat penting,” ujarnya. Ia berharap dengan Gebrak Masker ini akan menyadari masyarakat akan pentingnya penggunaan masker untuk mengantisipasi Covid-19.

“Saya harapkan kegiatan ini tak hanya di Kota Manado, tapi seluruh kabupaten/kota di Sulut. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK yang telah memberikan pikiran. Semoga Sulut menjadi provinsi bebas Covid-19. Insyah Allah,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengatakan kegiatan ini untuk memperkuat sinergi dalam membangun bangsa dan daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi Covid-19.
Diantaranya, telah dilakukan sosialisasi pencegahan terhadap Covid-19 dengan melibatkan kader PKK.

Selain itu, telah dibagikan sebanyak 1000 masker kepada angkutan kota di Manado dan pejalan kaki di pusat kota. “Kami juga telah melakukan gerakan barito dengan bagikan 1.000 bibit cabe kepada kader PKK untuk ketahanan pangan,” ungkapnya.

Ada juga pembagian bantuan Alat Pelindung Diri (APD), masker kain bagi tenaga medis dan minuman bernutrisi di pusksesmas dan rumah sakit.
Tak ketinggalan, tempat cuci tangan juga ikut disediakan sebanyak 50 titik.

“Saat pandemi ini PKK besama Pemprov Sulut sudah bagikan 2 juta masker medis dan non medis. Bantuan didistribusikan kepada 15 kabupaten/kota. Selain itu ada 200 ribu masker disalurkan pada Gebrak Masker,” bebernya. ( Theresia/02).

Editor : Imam